Tips Memilih Warna Cat Rumah

Warna Cat Rumah MinimalisTips memilih warna cat rumah kombinasi yang bagus menjadi permasalahan yang komplek bagi beberapa orang yang mungkin agak kewalahan memikirkan bagaimana kombinasi warna cat yang tepat dan tidak norak untuk rumah idamannya. Warna cat yang bagus sangat penting karena mempengaruhi estetika tampilan rumah, memberikan efek psikologis kepada penghuni, dan bisa menarik perhatian semua orang.

Tips memilih warna cat rumah kombinasi sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan, kalau saja setiap orang mau percaya diri dengan idenya sendiri. Tidak ada standarisasi atau patokan khusus yang menilai apakah warna cat kombinasi ini atau warna cat kombinasi itu sangat bagus atau sangat jelek. Tapi sebagai manusia sosial yang kehidupannya tak luput dari komentar orang-orang sekitar, tentunya pemilihan warna cat akan dipikirkan sedemikian rupa agar bisa memberikan kesan terbaik pada pandangan semua orang yang melihat.

Tips Memilih Warna Cat Rumah Minimalis Agar Terlihat Indah dan NyamanWarna Cat Rumah Minimalis Cantik

Tips memilih warna cat rumah kombinasi yang harus anda lakukan agar warna cat rumah minimalis impianmu memiliki daya tarik mempesona bagi setiap mata yang memandang, adalah sebagai berikut :

1. Sesuaikan Warna Cat dengan Desain Rumah

Pahami terlebih dahulu seperti apa desain rumah yang ingin kita cat, desain rumah seperti itu warna cat seperti apakah yang cocok. Contoh: – untuk desain rumah minimalis lebih cocok menggunakan warna-warna kalem dan terang seperti; putih, merah muda, biru muda, atau abu-abu. – untuk desain rumah klasik lebih cocok menggunakan warna coklat, hitam, merah, atau oranye.

2. Tanyakan Pendapat Seluruh Anggota Keluarga

Sebuah rumah tidak hanya ditempati satu orang saja, ada banyak kepala yang menghuni dalam sebuah rumah dan pasti ada banyak karakter dan ide untuk warna cat rumah mereka. Disinilah pentingnya sebuah diskusi agar ketika warna cat sudah diaplikasikan pada dinding bisa memberikan dampak yang bagus bagi ketenangan jiwa dan kesenangan mata pada seluruh anggota keluarga tanpa terkecuali.

3. Gunakan Roda Warna

Roda warna berisi semua warna-warna yang bisa kita manfaatkan untuk mempermudah dalam pemilihan warna, mulai dari warna dasar, warna sekunder, warna tersier, warna-warna tua, dan warna-warna muda.

4. Pahami Setiap Karakter Warna

Setiap warna memiliki nilai dan karakter sendiri-sendiri, warna yang tepat bisa membangun atau menciptakan kesan apa yang diinginkan untuk ruangan tersebut. jika menginginkan kesan yang segar pilihlah warna biru, hijau atau kuning. Jika menginginkan kesan tegas pilihlah warna putih, hitam, oranye atau merah, jika menginginkan kesan ceria pilihlah warna merah muda atau kuning. dan masih banyak lagi karakter warna lain yang bisa anda cari tahu lagi informasi lengkapnya di buku atau di internet.

5. Pilih Warna yang Sesuai dengan Karakter Ruangan

Tidak hanya warna saja yang memiliki karakter, ruangan juga memiliki karakter tertentu dan berbeda-beda, karena setiap ruangan di sudut rumah juga memiliki fungsi yang beda-beda pula. Contoh: kamar sebagai tempat beristirahat memiliki karakter yang damai, tenang, dan santai. Cocok menggunakan warna yang juga memiliki karakter yang sama seperti; hijau, merah muda, atau biru muda.

6. Pilih Warna Cat yang Fleksibel

Warna cat yang fleksibel dapat menguntungkan anda saat sudah mulai bosan dengan tata ruang dan ingin segera mengganti gorden atau merubah desain ruang tanpa harus mengecat ulang ruangan karena warna cat sebelumnya masih cocok dengan desain ruang yang baru.

7. Kombinasikan Cat Warna Tua dengan Cat Warna Muda

Cat warna tua dengan cat warna muda apabila dikombinasikan akan menghasilkan warna yang senada, serasi, dan selaras. Dapat menghidupkan suasana ruangan yang seperti anda inginkan. Bisa menciptakan kesan elegan, tenang, damai, cerah, ceria, dll. Kalaupun ingin mengkombinasikan dua warna cat yang kontras, pastikan kedua warna cat tersebut bisa menciptakan kesan dinamis. Kembali ke poin nomor 3, jangan lupa untuk memanfaatkan roda warna.

8. Kombinasikan Warna dengan Perhitungan yang Tepat

Kombinasi dua warna biasanya menggunakan perbandingan 80% dan 20%. Perbandingan perbandingan seperti itu bisa menghasilkan warna yang serasi dan senada, serta lebih bersinergi sehingga bisa menciptakan kesan ruangan yang elegan, ceria, mewah, dan hangat. Tidak tepat kalau menggunakan perbandingan 50% dan 50% karena ruangan akan terkesan kaku dan saling menarik perhatian, sehingga menimbulkan ketidak-sinergian antara dua warna.

9. Jasa Desain Interior

Gunakan jasa desain interior agar anda tidak terlalu rumit memikirkan warna apa yang tepat untuk hunian anda. Konsultasikan saja apa keinginan yang ingin diwujudkan agar rumah impian bisa jadi kenyataan. Seorang desain interior akan mewujudkan keinginan anda dengan kemampuan profesionalnya. Kelemahan tips ini, anda harus menganggarkan dana lebih untuk membayar jasa seorang desain interior, tapi percayalah anda akan lebih merasa puas terhadap tampilan rumah impian yang diidamkan, asalkan benar-benar memilih jasa desain interior yang profesional.