Tips Memilih Desain Rumah Minimalis Yang Murah

Desain Rumah MinimalisTips memilih desain rumah bagi yang berencana ingin membangun atau membeli rumah, atau bahkan mau merenovasi rumah dengan desain yang baru. Desain rumah bisa dikatakan sebagai harga diri bagi penghuninya, bahkan secara umum kadang dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dan kesuksesan karir seseorang. Itulah kenapa dalam memilih desain rumah selalu menjadi masalah yang kompleks bagi setiap orang.

Memilih desain rumah yang harus dipikirkan agar desain rumah sesuai dengan harapan si penghuni, sesuai dengan impian seperti apa rumah idaman di masa depan, dan yang paling penting sesuai dengan isi kantong. Walaupun harus disesuaikan dengan isi kantong harus tetap ingat prinsip “Murah tapi tidak Murahan”. Rumah minimalis bagi yang memiliki dana yang tidak banyak sering menjadi desain rumah pilihan.

Tips Memilih Desain Rumah Minimalis Yang Murah

1. Lakukan Riset Terlebih Dahulu

• Untuk yang membangun rumah

Melakukan riset dalam memilih desain rumah tidak harus menggunakan format riset ilmiah, hanya riset simple untuk mencari tahu harga tanah, luas lahan, pemilihan material bangunan, biaya pembangunan, biaya bahan-bahan bangunan, dan masih banyak lagi yang harus diperhitungkan sebagai bagian dari perencanaan.

• Untuk yang membeli rumah

Sebelum membeli, cari tahu dulu kekuatan bangunan. Materialnya apa saja, kerangka dan pondasi dasarnya harus memenuhi standar yang sudah ditetapkan.

2. Pilih Desain Rumah Minimalis Yang Sesuai Dengan Gaya Hidup Anda

Yang akan menempati rumah tersebut adalah anda, pastikan desain rumah sesuai dengan gaya, kepribadian, atau bahkan sesuai dengan profesi pekerjaan, agar rumah selalu terasa nyaman dan dinamis.

3. Pilih Desain Rumah Dengan Konsep Satu Lantai

Desain rumah dengan konsep satu lantai dengan biaya murah sudah sangat memungkinkan untuk layak dihuni. Apalagi kalau kita memiliki kemampuan mengatur ruangan dengan baik rumah satu lantai tetap akan jadi rumah idaman.

4. Pertimbangkan Dana Yang Sudah Tersedia

Pastikan dana untuk desain rumah minimalis sesuai dengan yang sudah ditargetkan, karena membangun rumah yang benar-benar bisa sesuai dengan impian kita bisa dilakukan secara bertahap. Jangan sampai hanya karena ingin memenuhi obsesi memiliki desain rumah yang benar-benar sudah kita impikan selama ini harus menguras dana untuk kepentingan atau kebutuhan hidup kita yang lain.

5. Perhatikan Kondisi Dan Lokasi Geografis

Walaupun menginginkan desain rumah yang minimalis yang murah, perhatikan kondisi dan lokasi strategis bangunan. Pastikan kondisi geografis mempermudah dalam membangun rumah dan lokasinya memiliki cakupan sosial yang luas.

6. Pilih Desain Rumah Yang Memiliki Sirkulasi Udara Yang Baik

Tidak peduli seberapa bagus desain rumahnya, kalau sirkulasi udaranya tidak baik akan mengakibatkan efek yang tidak baik pula pada kesehatan penghuninya. Hal ini tidak hanya berdampak pada penghuni rumah, tapi juga bisa berdampak pada bangunan rumah dan juga perabot-perabot yang ada di dalam, tanpa mendapatkan sirkulasi udara yang baik, maka semua itu akan mudah lembab, berjamur, dan akan cepat mengalami kerusakan.

7. Cek Jalur Sanitasi, Instalasi Air & Instalasi Listrik

Pastikan semuanya tertata dengan baik sesuai standarisasi yang berlaku agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan di kemudian hari.

8. Fleksibel Untuk Direnovasi

Desain rumah minimalis yang murah suatu saat nanti seiring perkembangan karier dan keuangan yang semakin bagus pasti ingin melakukan perubahan pada rumah menjadi lebih bagus, lebih fungsional, dan yang pasti lebih mewah. Pertimbangkan hal ini dari awal agar nanti saat renovasi menjadi lebih mudah.

9. Gunakan Jasa Desainer Rumah

Agar desain rumah lebih maksimal gunakan jasa desainer rumah. Pilihlah yang memiliki pelayanan yang baik. Ini hanya tips alternative saja, bisa digunakan atau tidak. Ide kreatifitas anda sendiri juga bisa dimanfaatkan untuk mendesain rumah sendiri.

Tips khusus untuk anda yang ingin menggunakan jasa arsitek, lakukan hal-hal berikut:

1. Arsitek dan kontraktor bangunan harus memiliki visi yang sama, mampu bekerja sama dengan baik dan saling menguntungkan.

2. Sebelum memutuskan memilih arsitek, cari tahu dulu lebih detail kompetensi arsitek tersebut, pengalamannya, dan lain-lain. Komunikasi dengan beberapa arsitek untuk menentukan mana yang sesuai dan tepat diajak bekerja sama dengan anda untuk mewujudkan rumah idaman yang sesuai selera atau keinginan

3. Buat kesepakatan yang tepat sebelum memulai kerja sama. Ini sangat penting untuk menghindari masalah-masalah yang tidak diinginkan di kemudian hari yang bisa menghambat proses pembangunan. Rumah yang sudah ditentukan biayanya semurah mungkin bisa jadi bertambah pengeluarannya karena adanya masalah.

4. Jangan lupa untuk mengandalkan orang-orang terdekat dalam meminta ide, pendapat, dan saran baik itu memilih arsitek, dan semua hal yang berhubungan dengan desain rumah minimalis yang akan anda bangun.