Tanaman Hias Daun

Lili Paris ( Chlorophytum Comosum )
sumber : media.rooang.com

Ada banyak cara mengubah suasana rumah jadi lebih hidup, salah satunya dengan menghadirkan tanaman hias daun. Berbeda dengan tanaman hias bunga, tanaman hias daun memiliki daya tarik dari warna daunnya yang kehijauan maupun bentuknya yang unik.

Sentuhan warna hijau dari daun inilah yang akan membuat rumahmu tampak lebih fresh, segar, dan terasa semakin hidup. Tidak hanya indah, tanaman hias daun banyak dipilih karena perawatannya yang lebih mudah apalagi jika disimpan di dalam ruangan.

Di indonesia sendiri tidaklah sulit mencari berbagai macam tanaman hias seperti ini. Kamu bahkan bisa dengan mudah menemukannya di tempat-tempat penjualan tanaman hias terdekat.

15 Jenis Tanaman Hias Daun Yang Cocok Ditanam di Rumah

Ada banyak sekali jenis tanaman hias daun yang memiliki daya tarik dan keindahan berbeda-beda. Buat kita yang masih awam pasti bingung memilih tanaman hias daun apa saja yang cocok menjadi hiasan rumah.

Untuk itu, yuk simak 15 jenis tanaman hias daun paling indah yang bisa kamu pilih.

1. Lidah Mertua ( Sansevieria )

Lidah Mertua ( Sansevieria )
sumber : waitrosegarden.com

Sansevieria atau yang lebih dikenal dengan nama lidah mertua merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang sangat terkenal. Entah darimana nama lidah mertua berasal, namun yang pasti tanaman hias ini memiliki bentuk yang unik dan daya tarik sendiri.

Lidah mertua memiliki daun yang tebal dan meruncing ke atas dengan warna menguning pada bagian pinggirannya. Lidah mertua termasuk tanaman hias daun yang tidak butuh perawatan khusus.

Selain mudah dirawat, lidah mertua juga punya banyak manfaat. Lidah mertua dipercaya mampu mengurai racun yang terdapat di udara seperti C02 dan benzena. Tanaman hias ini juga dapat menangkal polusi dan radikal bebas. Sehingga sangat cocok jika diletakkan di dalam ruangan.

2. Gelombang Cinta ( Anthurium )

Gelombang Cinta ( Anthurium )
sumber : pintrest.com

Tanaman hias daun yang memiliki nama latin Anthurium ini sangatlah populer dikalangan para pecinta tanaman. Tanaman ini diberi nama gelombang cinta mungkin karena bentuk daunnya yang besar dan bergelombang.

Tanaman gelombang cinta sangat cocok untuk menghiasi taman, teras rumah, ataupun mengisi pojok ruangan agar terlihat lebih indah. Pada masanya, gelombang cinta memiliki nilai jual yang sangat tinggi. Bahkan bisa dibilang mahal dibanding tanaman hias jenis lainnya.

Meskipun harganya sekarang standar, namun tanaman hias daun yang satu ini tetap banyak diminati berkat bentuknya yang unik dan menarik.

3. Suplir ( Adiantum )

Suplir ( Adiantum )
sumber : pinterest.com

Suplir merupakan salah satu tanaman hias daun yang memiliki bermacam-macam jenis dan varietas. Ciri khas dari tanaman suplir ialah bentuk daunnya yang kecil-kecil dengan warna hijau yang selalu tampak segar. Meskipun terkesan memanjakan mata, tanaman ini ternyata cukup sulit dirawat lho.

Pasalnya, tanaman suplir membutuhkan lingkungan yang lembab dan udara yang bersih agar dapat tumbuh dengan baik.

Namun, tingkat kelembapannya harus terjaga. Dalam artian, tidak boleh terlalu lembab atau terlalu kering karena dapat menghambat pertumbuhan tanaman itu sendiri.

4. Kalatea ( Calathea )

Kalatea ( Calathea )
sumber : crocus.com

Jika kamu bosan dengan tanaman hias daun yang seluruhnya berwarna hijau, maka Kalatea bisa jadi rekomendasi untukmu. Kalatea merupakan tanaman hias daun dengan perpaduan warna eksotis antara merah, putih, dan hijau.

Perpaduan warnanya yang indah membuat tanaman hias Kalatea mampu menciptakan suasana berbeda di dalam rumah. Tanaman hias daun kalatea ini sangat cocok diletakkan dekat jendela agar kebutuhan cahaya mataharinya tetap terpenuhi.

Supaya makin cantik dan menarik perhatian, kamu bisa tanam menggunakan pot-pot kecil yang warnanya kalem seperti putih atau gading.

5. Palem Kuning ( Dypsis Lutescens )

Palem Kuning ( Dypsis Lutescens )
sumber : aengaeng.com

Palem kuning merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang sangat populer di kalangan pecinta tanaman. Palem kuning memiliki daun-daun kecil yang mirip dengan daun kelapa, serta batangnya yang berwarna kuning cerah.

Tanaman hias daun jenis ini sangat cocok ditanam di pekarangan rumah karena bisa tumbuh tinggi mencapai 2 meter. Palem kuning juga dapat membuat pekarangan rumahmu jadi lebih cantik dan mencolok terutama saat tersorot cahaya matahari.

Tidak hanya itu, tanaman hias daun palem kuning juga sangat bermanfaat untuk membersihkan udara sehingga lebih sehat untuk penghuni rumah.

6. Keladi Red Star (Caladium Bicolor)

Keladi Red Star (Caladium Bicolor)
sumber : bukalapak.com

Keladi Red Star merupakan salah satu tanaman hias yang memiliki warna daun sangat cantik. Daunnya yang lebar memiliki campuran warna hijau dan merah yang menyerupai seperti bintang.

Kombinasi dua warna inilah yang menjadikan tanaman hias daun keladi red star memiliki banyak penggemar. Tidak hanya daunnya saja yang berwarna merah, namun tangkai keladi red star juga berwarna merah belang.

Untuk mendapatkan warna merah yang indah, kamu harus meletakkan tanaman ini ditempat yang terpapar sinar matahari secara penuh.

Jangan lupa lakukan penyiraman secara rutin dan rawat tanaman ini agar tumbuh dengan baik.

7. Kuping Gajah ( Anthurium Chrystallium )

Kuping Gajah ( Anthurium Chrystalium )
sumber : dekoruma.com

Kuping gajah merupakan salah satu jenis tanaman hias daun yang sangat populer dari dulu sampai sekarang. Bentuk daunnya yang lebar dan besar seperti telinga gajah membuat tanaman hias ini dinamakan kuping gajah.

Daya tarik dari tanaman yang satu ini memang terletak pada bentuk daunnya unik dan istimewa. Tidak hanya cantik, tanaman hias daun kuping gajah juga tidak memerlukan perawatan yang rumit.

Tanaman ini juga tidak butuh cahaya matahari berlebihan sehingga sangat cocok jika ditempatkan di teras atau dalam rumah.

8. Sirih Gading ( Epipremnum Aureum )

Sirih Gading ( Aepipremnum Aureum )
sumber : pintrest.com

Sirih gading adalah jenis tanaman hias merambat yang sangat cocok ditempel di dinding atau ditempatkan dalam sebuah pot gantung.

Ciri khas tanaman hias ini adalah bentuk daunnya yang melebar dan berwarna hijau dengan tambahan warna putih yang membentuk pola. Tanaman hias daun sirih gading ini cukup mudah perawatannya. Kamu hanya perlu menyiramnya dua hari sekali secara rutin.

Tidak hanya cantik, tanaman hias ini juga bisa hidup dimana saja. Baik di tempat yang lembab, teduh, panas, bahkan ruangan ber-AC sekalipun.

9. Sri Rejeki ( Aglaonema )

Sri Rejeki ( Aglaonema )
sumber : bigsta.net

Sri rejeki atau yang memiliki nama latin Aglaonema termasuk salah satu jenis tanaman hias daun yang mudah ditanam. Tanaman ini juga tidak memerlukan perawatan khusus atau intensif.

Sama seperti tanaman hias daun lainnya, sri rejeki juga tidak tahan terpapar sinar matahari langsung sehingga lebih sering dijadikan hiasan ruangan.

Selain cantik, tanaman hias daun sri rejeki banyak diminati karena dipercaya bisa membawa keberuntungan bagi pemilik rumah.

10. Tanduk Rusa ( Platycerium )

Tanduk Rusa ( Platycerium )
sumber : bukalapak.com

Tanaman hias daun yang satu ini disebut tanduk rusa karena bentuk daunnya mirip seperti tanduk seekor rusa. Meskipun termasuk tanaman epifit atau menumpang pada tanaman lain, namun tanduk rusa memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri.

Selain warnanya yang cantik, daunnya yang menjuntai ke bawah juga terlihat sangat indah dan alami. Tanaman tanduk rusa ini bisa ditempel di pohon atau digantungkan di dinding.

Kamu bahkan bisa menggantung tanaman hias ini di dalam rumah supaya terlihat lebih estetik. Perawatannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu menyiramnya paling tidak seminggu sekali.

Tanaman hias tanduk rusa bisa tumbuh subur pada tempat-tempat yang teduh atau tidak terkena sinar matahari secara langsung.

11. Lili Paris ( Chlorophytum Comosum )

Lili Paris ( Chlorophytum Comosum )
sumber : media.rooang.com

Jika kamu mencari tanaman hias daun yang mungil dan cantik, maka lili paris adalah pilihan terbaik.

Lili paris memiliki warna daun yang sangat indah. Saat tumbuh besar, tanaman ini akan memunculkan tunas panjang yang ujungnya memiliki tunas akar. Selain bisa ditanam di pot bunga, lili paris juga cocok dijadikan tanaman gantung.

Apalagi tanaman ini sangat mudah dirawat dan mudah beradaptasi di berbagai tempat. Jadi kamu bebas meletakkannya di dalam rumah maupun di luar ruangan.

12. Daun Puring ( Codiaeum Variegatum )

Daun Puring ( Codiaeum Variegatum )
sumber : id.wikipedia.org

Tanaman hias daun yang satu ini sangat eksotis dengan perpaduan tiga warna yaitu merah, kuning, dan hijau. Bentuk daunnya juga sangat bervariasi, mulai dari oval, bergelombang, dan memanjang.

Tanaman hias yang memiliki nama latin Codiaeum Variegatum ini juga ada banyak sekali jenisnya. Dan yang paling populer adalah red aple, oscar, puring anting raja, puring arjuna, puring asmara jingga, dan puring kura.

Meski dulunya dianggap tidak berharga, kini tanaman hias puring mempunyai nilai jual yang cukup tinggi.

Bahkan, tanaman hias ini lebih banyak ditemukan di perumahan-perumahan mewah.

13. Kadaka ( Asplenium Scolopendrium )

Kadaka ( Asplenium Scolopendrium )
sumber : bukalapak.com

Kadaka atau yang sering disebut dengan pakis sarang burung merupakan tanaman yang memiliki daun lebar dan panjang. Panjang daun kadaka bahkan mencapai 20-35 cm dan memiliki bulu-bulu halus bergerigi pada permukaan daunnya.

Jika dulu tanaman ini dianggap sebagai hama, kini kadaka menjadi salah satu jenis tanaman hias yang cukup laris di pasaran. Tanaman hias kadaka memang cukup unik, bentuknya menyerupai mangkuk atau sarang burung yang tumbuh dari pusat batang ke segala arah.

Mungkin ini juga yang membuat tanaman hias bernama latin Asplenium Scolopendrium disebut sebagai pakis sarang burung.

14. Daun Spinder Plant

Daun Spinder Plant
sumber : hipwee.com

Tanaman hias daun jenis ini dikenal dengan nama Spinder Plant karena menyerupai kaki laba-laba. Spinder Plant memiliki daun yang lebat dan memanjang dengan bagian ujung yang runcing.

Tanaman hias ini sangat cocok diletakkan di dalam rumah karena ukurannya yang mini. Kamu bisa menanamnya di dalam pot kecil agar lebih cantik. Tanaman hias daun jenis Spinder Plant ini dapat tumbuh dengan baik di ruangan yang intensitas cahaya mataharinya rendah.

Jika terkena cahaya matahari yang terik secara langsung, tanaman hias ini justru akan rusak.

15. Daun Siklok ( Agave Attenuata )

Daun Siklok ( Agave Attenuate )
sumber : caskhousesf.com

Tanaman siklok dengan nama latin Agave Attenuata menjadi salah satu tanaman hias yang wajib kamu miliki. Tanaman hias ini memiliki bentuk menyerupai pedang, dengan warna hijau di bagian tengah dan warna kekuningan di bagian tepi.

Tampilannya yang cantik dan unik sangat cocok untuk menambah suasana asri di taman belakang atau teras rumahmu. Selain harganya yang terjangkau, tanaman hias daun jenis ini juga tahan terhadap sinar matahari sampai seharian.

Jadi, kamu hanya perlu menyiramnya setiap pagi dan memberi pupuk beberapa minggu sekali. Sangat mudah kan perawatannya?

Nah, itulah 15 jenis tanaman hias daun yang cocok untuk menghiasi rumahmu. Jangan ragu untuk memulai hobi berkebumu dari sekarang dan rasakan hasilnya.